Senin, 25 Januari 2016

Gaya
17.25

Gaya

Kali ini saya akan membahas tentang Gaya (F). Gaya merupakan interaksi yang menyebabkan benda bermassa mengalami perubahan baik dari segi bentuk ataupun geraknya. Dalam fisika gaya disimbolkan dnegan huruf "F". Dan satuan SI untuk gaya adalah Newton. Gaya juga merupakan besaran vektor, artinya selain memiliki besaran gaya juga memperhatikan arah, dan secara umum Gaya dirumuskan sebagai 

( F = m.a )

1. Gaya Normal

 Gaya Normal (N) adalah gaya yang timbul akibat persentuhan benda dengan bidang datarnya. Arah Gaya Normal selalu tegak lurus dengan bidang datarnya. Dalam bidang yang datar Gaya Normal dirumuskan sebagai berikut. 

(N = m.g)

Sedangkan untuk bidang yang memiliki kemiringan (α) tertentu Gaya Normal dirumuskan sebagai 

(N = m.g.cosα) 


Rumus ini didapatkan dari kaidah vektor.  

2. Gaya Berat

Gaya Berat (w) adalah gaya yang timbul akibat massa benda yang dipengaruhi gaya grafitasi. Sehingga arah gaya berat selalu menuju ke pusat grafitasi (pusat bumi). Gaya Berat dirumuskan sebagai berikut. 

(w = m.g)

3. Gaya Grafitasi
Gaya Grafitasi (F) adalah gaya yang timbul akibat interaksi benda bermassa. Sebenarnya seriap benda bermassa akan menimbulkan gaya grafitasi bagi benda bermassa lainnya. Tapi hal ini tidaklah terasa karena masa benda yang ada di permukaan bumi terlalu kecil jika dibandingkan dengan massa bumi. Akibatnya gaya grafitasi yang timbul hanya gaya grafitasi yang disebabkan tarikan massa bumi.


0 komentar:

Posting Komentar